Sekilas Program Studi Teknik Mekatronika

Istilah MEKATRONIKA merupakan terjemahan dari mechatronics, gabungan dari kata mechanics dan electronics. Mekatronika adalah suatu ilmu yang mengkombinasikan secara sinergis rekayasa mekanika, elektronika, dan kontrol. Istilah ini dicetuskan pertama kali oleh Tetsuro Mori dari Yasakawa Electric Company, Jepang pada tahun 1969. Semenjak tahun 1982, perusahaan tersebut telah memutuskan untuk melepas haknya atas kata mechatronics, sehingga sejak saat itu pula kata tersebut dipakai secara luas. Pada awal perkembangannya, mekatronika hanya mencakup unsur mekanika dan elektronika saja. Dengan ditemukannya mikroprosesor pada tahun 1980an, keilmuan mekatronika menjadi lebih maju dan berkembang. Mekatronika kemudian didukung oleh disiplin ilmu lain diantaranya: embedded system yang memberikan nuansa hardware programming yang menghubungkan mekanik dan elektronik, juga control system yang memberikan kecerdasan buatan kepada sistem tersebut. Mekatronika merupakan interdisiplin ilmu yang dapat digambarkan secara grafis sebagai berikut:

VISI

Menjadi pusat unggulan pendidikan teknologi rekayasa mekatronika khususnya di bidang robotika dan otomasi industri, baik di tingkat nasional maupun internasional.

MISI

1. Menyelenggarakan sistem pendidikan teknologi rekayasa mekatronika khususnya bidang robotika dan otomasi industri dengan menyediakan lingkungan dan suasana akademik yang berkualitas.
2. Menyediakan sumber daya manusia yang profesional di bidang mekatronika, robotika, dan otomasi industri, berpikiran kreatif dan berjiwa pemimpin.
3. Menyelenggarakan penelitian dan kajian implementasi di bidang teknologi kerekayasaan mekatronika yang dapat membantu permasalahan di bidang industri dan meningkatkan kualitas hidup manusia.
4. Mengembangkan dan melaksanakan nilai-nilai etika moral akademik.

TUJUAN

Era pasar global telah mendorong bangsa Indonesia untuk memiliki kualitas sumber daya manusia yang profesional, kompeten, serta memiliki etika moral yang baik yang dapat bersaing menjadi yang unggul dimata dunia. Dilandasi kondisi era pasar global saat, maka dalam rangka mewujudkan Visi dan Misi Prodi D4 Teknik Mekatronika, untuk menetapkan tujuan maka perlu ditetapkan tujuan sebagai berikut:
1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi unggul baik di bidang pengetahuan, keterampilan dan sikap, meliputi:
a. Kemampuan perancangan, implementasi, serta inovasi teknologi di bidang rekayasa manufaktur, rekayasa elektronik, kontrol/otomatisasi industri, robotika, dan kendaraan robotik
b. Memiliki minimal satu sertikat keahlian setingkat regional, nasional maupun internasional.
c. Memiliki kemampuan komunikasi, manajerial, dan organisasi yang baik, memiliki motivasi, integritas, dedikasi tinggi sehingga dapat memuaskan pengguna lulusan, tanpa melupakan kepekaan sosial, serta memiliki tanggung jawab moral yang tinggi.
2. Mengembangkan komitmen akademik dengan menciptakan proses pendidikan yang berkualitas dan suasana akademik yang baik, bersinergi dengan lingkungan sebagai salah-satu bentuk tanggung jawab sosial.
3. Menciptakan budaya kreatif, inovatif, dan peka terhadap permasalahan masyarakat, melalui peningkatan kemampuan dan kapasitas riset, penelitian, serta pengabdian masyarakat guna memberi kontribusi nyata bagi bangsa dan negara.
4. Membangun kualitas dan karakter sumber daya manusia, manajemen dan organisasi yang profesional, melalui contoh dan budi pekerti yang baik bagi seluruh civitas akademika.

 

- AKREDITASI PROGRAM STUDI TEKNIK MEKATRONIKA